Berita

Gelar Potensi Ternak Sapi, Kambing dan Gerobak Kabupaten Bantul Tahun 2019, Upaya Pemerintah Tingkatkan Populasi dan Minat Berternak

Kamis Legi, 25 Juli 2019 15:32 WIB 930

foto

         Dalam rangka pelaksanaan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) Tahun 2019, pada Rabu, 24  Juli  2019 mulai pukul 08.30  WIB  hingga selesai dilaksanakan acara “Gelar Potensi Sapi, Kambing dan Gerobak” Kabupaten Bantul Tahun 2019 bertempat di Pasar Hewan Imogiri. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Direktur Kesehatan Hewan, Bupati Bantul, Kepala UPT Baturraden, BBVet Wates, Akademisi Fakultas Peternakan UGM dan Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan DIY, OPD se-Kabupaten Bantul, Camat Imogiri beserta muspika serta para peternak.

        Kabupaten Bantul berpotensi untuk bisa berkembang baik dan mampu meningkatkan populasi ternak yang saat ini baru berkisar 55-60 ribu ekor, karena mempunyai 34 jagal, dan 1 RPH yang saat ini  mampu memotong ternak kurang lebih 15 ekor/ hari. Gelar potensi ini diadakan untuk meningkatkan semangat masyarakat untuk memelihara ternak yang baik dan dapat meningkatkan populasi sehingga Kabupaten Bantul  bisa mencukupi ternak sendiri tanpa mengambil dari luar kabupaten. Untuk ternak kambing, Kabupaten Bantul masih belum mencungkupi karena kuliner olahan kambing membutuhkan daging lebih banyak dari ketersediaannya di Bantul saat ini.

        Dalam acara ini dilakukan launching program KIWAB (Kambing Indukan Wajib Bunting) untuk mendukung pemenuhan kebutuhan daging kambing di Kabupaten Bantul. Pada Tahun 2019, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul memprogramkan 500 kambing indukan harus bunting sesuai target dari program Bupati.

        Dalam kegiatan Gelar potensi ternak sapi kambing dan gerobak ini diadakan Kontes Ternak Calon Pejantan Dan Calon Indukan Sapi PO (Peranakan Ongole), Calon Pejantan Dan Calon Indukan Kambing PE (Peranakan Ettawa) dan Lomba Gerobak.      Untuk penjurian kontes ternak sapi, kambing dan gerobak, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kab. Bantul bekerja sama dengan UGM, BPTP DIY (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta), PERKANAS (Perkumpulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional), ISI (Institut Seni Indonesia) Yogyakarta dan praktisi kesehatan hewan. (Nr)