Berita

Bantul intensifkan pengawasan peredaran daging selama Ramadhan

Jumat Pahing, 16 Juni 2017 11:51 WIB 3099

foto

Untuk memastikan daging memiliki kualifikasi Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH), Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul rutin melakukan pengawasan penjualan daging dengan cara terjun ke pasar langsung. Pengawasan dilaksanakan oleh tim bersama Satpol PP.

Pada bulan Ramadhan ini tim lebih intensif melakukan pengawasan peredaran daging atau bahan pangan asal ternak di pasar tradisional mulai awal Ramadhan hingga Idul Fitri 1438 Hijriah. Pada Kamis (15/6), pengawasan dilakukan di Pasar Ngangkruk Sari, Donotirto, Kretek. Tim melakukan pemeriksaan pH daging secara langsung di lokasi, serta mengambil sampel untuk dilakukan uji eber, H2S, dan Postma.

Wahyu Bintarto selaku Kepala Seksi Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran Diperpautkan, Kamis, mengatakan pengawasan ditujukan untuk memastikan bahwa daging sapi atau ayam yang beredar di pasaran terjamin tingkat keamanannya, sehat, utuh dan halal (ASUH). Selain itu, Wahyu menghimbau agar pedagang mengambil daging dari RPH Segoroyoso sehingga daging terjamin kualitasnya, karena sudah ada Surat Keterangan Kesehatan Daging (SKKD) yang diterbitkan oleh RPH Segoroyoso.

Ia berharap, kegiatan rutin ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi Pangan Asal Hewan (PAH) yang ASUH. Selain itu, juga mendorong kepedulian pedagang untuk berperan aktif dalam menyediakan pangan yang ASUH. (T)